Advertisesment |
Salah satu yang menjadikan kesuksesan seorang blogger yaitu mendapat pengiklan atau advertiser. Untuk mendapatkan pengiklan bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, ada banyak faktor penunjang yang harus kita benahi dulu. dan intinya blog yang akan dimonetisasi melalui penggaetan pengiklan harus menjadikan blog profesional.
Seperti halnya website-website besar ataupun blog personal yang telah memiliki pengiklan tetap ataupun secara periode, blog mereka semua sudah dapat dikatakan cukup populer dan memiliki banyak pengunjung, dan tidak dapat dipungkiri bahwa pemiliknya dan penulisnya juga seorang profesional diberbagai bidang dan niche tertentu.
Diartikel kali ini saya akan membahas mengenai 4 langkah yang teapt untuk mendapat advertiser blog, nah mari kita mulai..
baca juga artikel terkait - Cara Mencari Sponsor/Pengiklan di Blog Anda
1. Mengejar Trafik Blog Yang Banyak
Trafik blog yang memadai sangat perlu menjadi acuan kita untuk mencari pengiklan. dan trafik yang banyaklah jawabannya. jika blog tidak memiliki trafik yang cukup misalnya kita beri sedikit contoh 2000 keatas Unique Visitor perhari sudah cukup untuk mencari pengiklan.
mengapa perlu memperhatikan trafik kita jika ingin mencari pengiklan?
simple saja, pengiklan akan mengiklankan produknya untuk mempromosikan produk-produk mereka dan tentunya mereka berpromosi kepada pengunjung blog dan yang diharapkan tentunya pengunjung yang banyak sehingga produk mereka semakin dikenali banyak orang.
dan jangan mencari pengiklan jika trafik blog Anda masih sedikit misalnya ratusan pengunjung biasanya pengiklan akan menolak tawaran Anda.
baca - 10 Tips Ampuh Meningkatkan Trafik Visitor Toko Online Anda
apabila trafik blog Anda masih sedikit jangan langsung mencari sponsor, bangun dulu trafik yang banyak yah...
2. Mulailah Membuat List/Daftar Calon Pengiklan
Seperti halnya mencari target pelanggan para sales atau marketing blogger juga dapat menerapkan langkah ini untuk mengumpulkan daftar calon pengiklan yang akan di hubungi.
mulainya memasukkan mereka kedalam daftar pada sebuah buku khusus. blogger yang yang ingin sukses akan memperhatikan secara seksama mengenai informasi para pengiklan yang akan digaet.
ada yang sebenarnya harus Anda perhatikan untuk mendapatkan pengiklan pada blog Anda.
1. Kecocokan Pengiklan pada blog.
yang artinya produk atau konten iklan yang akan di iklankan di blog Anda spesifik atau sesuai dengan niche blog Anda.
2. Pengiklan Tidak Merusak Reputasi dan Image Blog Anda.
hal ini ditandai pada konten iklan yang barbau sara dan bersifat vulgar/dewasa, sebaiknya dijauhi karena pengunjung tidak akan menyukai blog Anda.
maka berilah waktu Anda untuk mencari pengiklan yang kira-kira sesuai dengan kriteria blog Anda serta prinsip Anda pula.
mulailah mencatat nama, kontak mereka, alamat dan situs mereka dalam sebuah daftar atau list untuk memudahkan Anda nantinya melakukan promosi blog. dengan memanfaatkan mesin pencari Anda dapat mencari pengiklan ataupun melalui blog-blog dengan melihat pengiklan mereka.
3. Buat Laman/Halaman Khusus Untuk Pengiklan
Pada halaman pengikan ini penting sebagai tempat untuk mendeskripsikan bagaimana untuk beriklan diblog Anda, kemudian rincian syarat bagi para pengiklan, serta jumlah space iklan yang masih tersedia, serta harga perunit dihitung dalam janka waktu tertentu.
dan berikut beberapa ukuran iklan/space dalam sebuah blog.
- 720x90 (untuk header)
- 300x250 (untuk sideabar)
- 125x125 (untuk sidebar dalam ukuran kecil, cocok)
dan lainnya..
serta dihalaman pengiklan/advertiser ini jangan lupa untuk mendeskripsikan mengenai blog Anda seperti trafik, alexa rank, page rank, dan lainnya yang dapat menjadi pendukung agar blog Anda semakin dilirik pengiklan.
selain itu juga daftar pengiklan yang pernah mengiklan di blog Anda.
4. Hubugilah Calon Pengiklan Anda
Yang terakhir setelah ke-3 langkah diatas sudah berjalan dengan baik, sekarang Anda sudah dapat mulai menghubungi calon pengkilan Anda.
dengan rasa percaya diri dan kesopanan akan menambah nilai untuk dapat menanggapi tawaran Anda secara posifit.
hubungi mereka melalui kontak yang Anda dapatkan dari referensi pengiklan misal melalui email, telepon, BBM, ataupun lainnya.
dalam menghubungi pengiklan Ada beberapa hal yang mungkin sangat penting Adna terapkan yaitu:
- Informasikan keperluan Anda yang ingin menawarkan pemasangan iklan
- Berikan gambaran yang umum dan padat tentang topik dan trafik blog Anda
- Informasikan keuntungan yang bisa didapat pengiklan, pilihan spot banner, biaya, cara pembayaran serta kontak yang bisa dihubungi
- dan jangan lupa mengucapkan terimakasih..
Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat...
Baca Juga - Ini 10 Syarat Supaya Blog dan Blogger DiSebut Sukses 100 Persen
#Komentar diluar topik tidak akan dibalas
#Spam, Promosi, dan/atau melanggar kebijakan Google & AdSense tidak akan di setujui